OTOclick.com

Tips & advice
Tips Membeli Mobil baru dan mobil bekas

Membeli sebuah mobil, motor,adalah sebuah impian dalam keluarga.  Dalam membeli kendaraan, kita di hadapati dalam pilihan, keamaanan, ekonomis dan luxury.  Bila kita mengendarai kendaraan akan merasa nyaman.

Apa kendaraan yang ideal untuk anda?  hemat bahan bakar? Murah biaya perawatan? Keamaanan dalam mengendara? Mobil untuk keluarga? Mobil sport? Mobil luxury? Mobil baru atau mobil bekas? Tentunya anda bisa menjawab dengan sendiri berapa budget yang akan dikeluarkan dengan mobil pilihan anda.

Berbeda dengan membeli mobil baru yang masih digaransi oleh dealer/showroom, membeli mobil bekas membutuhkan ketelitian, karena jika kita kurang teliti, maka akan bisa muncul biaya-biaya tambahan lain untuk membenahi mobil tersebut hingga benar-benar siap kita pakai dan kita merasa nyaman mengendarainya.

Mencari mobil di  OTOclick.com adalah pilihan yang paling tepat. Anda lebih leluasa memilih mobil yang anda inginkan. kami membantu anda untuk lebih leluasa mencari mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat membadingkan harga mobil yang satu dengan yang lainnya hinga dapat mendapatkan mobil berkualitas dengan harga yang di inginkan.

I.Tips Membeli Mobil Baru

Umumnya ada tiga macam alasan mengapa seseorang membeli mobil. Yang pertama, membeli mobil untuk memenuhi kebutuhan dasar sebagai alat transportasi sehari-hari. Yang kedua, untuk menunjukkan status atau citra diri di lingkungan masyarakatnya. Dan yang ketiga untuk mendapatkan kepuasan diri sendiri atau menyalurkan hoby. Golongan terakhir ini biasanya sudah memiliki mobil lain untuk alat transportasi sehari-hari.Yang perlu kita perhatikan dalam membeli mobil baru adalah

Suku Cadang Mudah Didapat
. Banyak mobil yang dijual di pasar tidak dilengkapi dengan suku cadang (spare-parts). Jika anda membeli mobil seperti ini, dan pada suatu saat muncul masalah, Anda tentu akan menghadapi kesulitan bila ada kerusakan di kemudian hari. Hal ini harus menjadi proritas utama dalam membeli sebuah kendaraan. Terkadang antara merk satu dengan merk yang lainnya bisa di adjust dan saling mendukung. Dimana satu spare part untuk satu merk.

Jangan Tergiur Tawaran murah
. Banyak produsen yang menawarkan berbagai macam kelebihan dan keunggulan sebuah produk. Namun, Anda sebagai calon pembeli, hendaknya jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran tersebut. Pertimbangkan keutungan dan kerugian yang ada di balik penawaran tersebut. Selain itu pertimbangkan pula kemudahan saat membeli kendaraan atau mobil baru tersebut. Seperti masalah garansi, dealer resmi, Asuransi di kota anda, service dan ketersediaan suku cadang.

Biaya Perawatan Murah.
Selain itu, periksa pula ongkos pemeliharaan dan perbaikan dari mobil-mobil prospektif di masa datang. termasuk ongkos bahan bakar, penyetelan reguler, perbaikan kecil maupun biaya pajak tahunan, biaya perpanjangan STNK. Asuransi, Perhitungan tinggi-rendahnya biaya pajak dan asuransi ditentukan diantaranya oleh tahun keluaran,merk dan kapasitas mesinnya -1600 cc akan berbeda perhitungan dengan 2000 cc atau 4000cc.

Garansi kendarann. Tanyakan berapa lama garansi yang di berikan, dan apa saja ruang lingkupnya. Misalnya gratis biaya peratawatan dan suku cadang untuk 10.000km. bagaimana bila di kemudian hari ada malfunctions dari kendaraan yang sudah anda beli, apa termasuk pebaikan atau pengantian. Dengan itu dapat menghemat pengeluaran anda.

Ausransi; Hampir setiap kendaraan baru di asuransikan, ini mengurangi beban Dealer dan pemilik kendaraan apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan misalkan; kendaraan di rampok, atau tabrakan. Pemilik kendaraan bisa kalim ke asuransi.

Purna Jual. adalah bagaimana prospek harga apabila anda ingin menjual kendaraan tsb, apakah tetap tinggi ataukah malah ‘jatuh’.

Pilihlah kendaraan yang baik. Dapatkan keunggulan dari kendaraan yang ditawarkan, sebab hal ini akan menguntungkan anda. Misalnya, bahan bakar yang irit, mesinnya yang bandel dan suku cadang yang mudah didapatkan. Tetapi, anda juga harus mempertimbangkan secara cermat setiap keunggulan produk yang ditawarkan tersebut. Karena itu, perlu pertimbangan yang matang untuk memutuskannya, baik melalui riset, mintalah pendapat orang yang ahli di dalam otomotif dan jangan lupa meminta saran dari teman atau keluarga yang hobi atau lebih mengenal mobil yang ingin anda beli. Masukan mereka akan sangat berguna.

II.Tips Membeli Mobil Bekas (used car)
Yang harus diperhatikan kalau kita hendak membeli mobil bekas (Used car )adalah:
- Surat-surat Kendaraan.
- History perawatan kendaraan
- Surat Dokumen Kendaraan, harus diperhatikan dan diperiksa bahwa seluruhnya adalah asli dan sah (BPKB,STNK,
  Faktur dan dokumen lainnya). Check keabsahan surat-surat ini.
 
Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini membantu dalam membeli mobil bekas (Used car) untuk kebutuhan Transpotasi anda adalah:

1. Tujuan anda membeli mobil: Tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan,
     bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang  keperluan transportasi kerja,
     pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup anda juga berperan menentukan jenis
     mobil yang akan dibeli.

2. Tentukan fitur-fitur dari mobil, seperti AC, power steering, CD charger, ABS, airbag, child door lock,
     tulis semua dalam list anda.

3. Hitung kemampuan finansial anda untuk membeli mobil, termasuk uang muka dan pembayaran
    bulanan bila kredit.

Bila sudah memutuskan mobil mana yang akan dibeli, inilah Langkah-langkah berikutnya:
Apapun Mobil pilihan anda, jangan terburu-buru untuk memutuskan. Tinggalkan penjual bila harga yang ditawarkan terlalu tinggi, meskipun itu mobil impian Anda  Kemampuan negoisasi Anda akan terasah dengan berjalannya waktu. Jangan langsung membeli mobil bekas saat anda pertama kali melihatnya, bersabarlah.

Cek harga pasaran mobil yang anda incar, dan mulailah menawar dibawah harga itu. Lebih mudah menaikkan tawaran anda daripada menurunkannya.

Pastikan anda mengetahui sejarah mobil yang ada lihat, termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya.

Test drive. Jika anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 100 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.

Buka tutup mesin
dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air. Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Pastikan semua berfungsi dengan baik, ini mempergaruhi harga dari mobil.

Lihat Odometer. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer. Sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan nilai mobil yang dijualnya. Anda bisa melihatnya dari tahun kendaraan. Lihat dari STNK dan BPKB atau No. mesin tertera tahun pembuatannya.

Cek Fisik Kendaraan.
Merupakan hal yang paling penting dalam anda mencari mobil bekas, berikut beberapa bagian fisik kendaraan yang perlu anda teliti : Knalpot,lampu-lampu,aki,ban, Body, diusahakan memilih yang masih utuh, artinya blum kropos.

Bila anda  yakin dengan mobil pilih anda, sekarang tiba waktunya untuk menyiapkan pembayaran mobil baru anda. Membeli mobil dengan kredit, yang paling aman adalah menentukan dulu berapa besar kemampuan keuangan untuk membayar angsuran bulanan. Cara yang muda, angsuran tidak boleh lebih dari 20% penghasilan per bulan setelah dipotong pengeluaran. Perhitungkan juga biaya perawatan, pajak, asuransi dan operasional.

Bayarlah uang muka setidaknya 10%-20% dari harga mobil. Kurang dari itu, pemberi kredit akan meragukan kemampuan finansial anda. Jadi kalau anda punya uang cash, lebih baik pakai untuk uang muka. Langkah ini juga akan mengurangi beban utang pokok yang berkaitan dengan angsuran bulanan.

Sukses anda adalah kepuasan kami.